-Kesuksesan dan keberhasilan itu hanya soal waktu. tapi sekarang adalah soal cara, soal mengisi dan soal aplikasi-

Sunday, August 17, 2008

lagi bingung


"Wordless”
Diam adalah sesuatu yang sangat misterius, bahkan ada yang mengatakan diam mengandung seribu bahasa. Ya, memang benar, diam sesungguhnya adalah kata-kata karena di dalamnya terdapat makna yang sangat beragam, tidak banyak orang yang mampu mengetahui dibalik diam. Karena begitu banyaknya makna yang tersembunyi dibalik diam maka mari kita bahas beberapa dari jutaan makna diam…..
Rasullah pernah bersabda “
bicaralah yang baik atau… diam”, dalam konteks ini makana diam diam adalah suatu bentuk penjagaan diri dari ucapan-ucapan yang sangat tidak berguna. Maka diam adalah suatu cara yang sangat efektif apabila kita tidak bisa mengeluarkan kata-kata baik sehingga terhindar dari keburukan. Diam juga dapat menutupi kelemahan diri karena sesungguhnya kelemahan seseorang sangat dekat dengan ucapannya. Diam itu ibadah yang sangat mudah, karena malaikat pencatat keburukan tidak disibukkan dengan ucapan-ucapan yang tidak berguna yang keluar dari mulut kita.
Adapula orang yang mengatakan diam itu emas, dan tong kosaong berbunyi nyaring. Mungkin itu pribahasa yang sangat popular ya. Bagaimana tidak emas karena sesungguhnya didalam diam ada kewibawaan yang besar bagaikan emas yang dikagumi. Akan tetapi saya berani mengatakan diam itu bukan hanya berarti emas namun juga berarti sampah…, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan fenomena diam yang terjadi di bangsa Indonesia. Banyak sekali pemimpin-peminpin rakyak yang hanya diam berpangku tangan duduk di kursi DPR tanpa mendengarkan keluhan-keluhan rakyat. Kebanyakan mereka itu tuli dan bisu..!!! maka diam yang seperti itu bisa berarti sampah yang tidak berguna
Diam juga bisa menghukum, maka diam juga bisa berarti hukuman, bahkan hukuman yang bisa membuat orang bingung tujuh keliling cukup hanya didiamkan saja. Hukuman yang ringan tak perlu banyak berbuat tapi dalam dihati, saya teringat dengan sepenggal syair
Kau boleh menolak atau menerima cintaku
Namun jangan pernah kau diamkan aku

Karena orang yang dihukum dengan didiamkan akan membuat orang itu stress berkepanjangan. Itulah makna diam sebagai hukuman.
Diam juga bisa berarti takut namun diam juga bisa berarti melawan
Diam adalah gumpalan gunung es yang sangat besar yang tak terlihat didalam laut, disana tersembunyi segudang rahasia yang aneh, menarik dan selalu membuat orang lain ingin mengetahuinya, karena diam itu misteri yang membingungkan. Diam itu seperti air danau dimalam hari, sedikit saja kau usik ketenangannya maka engkau seperti membelah malam.
Diam itu laksana bintang-bintang yang dilihat dari bumi, tampak kecil dan anggun namun sesungguhnya ia besar dan membara.
Diam itu bagaikan udara, tak bisa engkau lihat namun dapat kau rasakan, mengalir dan masuk ke dalam darah….
Diam…..tenang dan menghanyutkan…….

4 comments:

Ngatini said...

kalo pas aku diam..aku dimarahin..
tapi kalo aku mengoceh..aku selalu ditanya kapan mau diam..hhhhh serba salah

aphied said...

kata org "diam itu emas" apalagi klo bicara,,dapet platinum kale ya...
*kabuuuur*

SASAK said...

diam itu baik juga,,tapi jangan menghayutkan,,,sebab ada ibadah yang sangat Mudah,, banyak diam dan memperbaiki ahlak...gitu

The Diary said...

diam itu emas... tp jgn diam terus kalo gak tau jalan mesti nanya ntar nyasar hehehe